Sunday, December 2, 2007

Tiongkok Cari Gara-Gara Lagi Lewat MP3 Baidu!

Jika Anda mencari lagu di MP3 Baidu, ada kemungkinan hasil pencariannya akan difilter. Contohnya jika dilakukan pencarian lagu dengan kata "爱" yang berarti cinta (sebagian besar lagu selalu bertema cinta, karena itu seharusnya hasil pencarian akan keluar), ternyata hasilnya difilter sampai kosong seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

MP3 Baidu Filter 1

Sedangkan hasil pencarian MP3 Baidu jika berhasil lolos dari filter adalah:

MP3 Baidu Filter 2

Lalu siapakah yang terkena filter oleh MP3 Baidu yang dimiliki oleh Tiongkok ini? Untuk Indonesia, sebagian berhasil lolos dari filter dan sebagian lagi gagal. Negara-negara barat seperti Amerika, Jerman, Prancis, Swedia juga mengalami filter. Sudah dapat ditebak, pengguna internet di Tiongkok tidak mengalami masalah filter sama sekali dengan MP3 Baidu (data didapatkan dengan program anonymous surf bernama Tor).

Metode filter yang diterapkan oleh MP3 Baidu ini berbeda dengan filter yang sejak dahulu telah diterapkan oleh Tiongkok yang dijuluki The Great Firewall of China. Filter yang umumnya dilakukan oleh Tiongkok adalah membatasi hak akses internet di dalam Tiongkok agar tak dapat membuka situs yang dianggap berbahaya oleh pemerintahnya. Sedangkan pada MP3 Baidu, pengguna internet di luar Tiongkok tidak akan dapat melihat hasil pencarian walaupun situs ini masih tetap dapat dibuka. Ini berarti Tiongkok lewat MP3 Baidu membatasi hak akses pengguna internet luar Tiongkok terhadap situs dalam negeri Tiongkok.

Filter MP3 Baidu mulai berlaku kira-kira sejak tanggal 24 November 2007. Pada saat itu saya masih berpikir bahwa terdapat masalah pada server MP3 Baidu. Setelah beberapa lama masalah ini tidak kunjung diselesaikan oleh MP3 Baidu, saya mulai curiga bahwa Tiongkok melakukan filter lagi dan ternyata kecurigaan saya terbukti benar.

Bagaimana cara menghindari filter MP3 Baidu? Dengan memanfaatkan program/software Tor dengan proxy China, akhirnya MP3 Baidu dapat mengeluarkan hasil pencarian tanpa filter. Sedangkan percobaan saya menggunakan situs penyedia jasa Anonymous Surf, filter ternyata masih berlaku, mungkin dikarenakan situs-situs tersebut menggunakan proxy yang terletak di luar China/Tiongkok. Bagi anda yang tidak terimbas filter MP3 Baidu, bersyukurlah karena masih dapat mendownload lagu Mandarin dengan mudah.

Sekadar info: situs Lirik Lagu Mandarin saya yang selama ini selalu memanfaatkan jasa MP3 Baidu mungkin akan mencari alternatif lain dalam menyediakan download lagu gratis. Sementara itu pengunjung situs tersebut masih dapat menonton video klip lagu Mandarin dari Youtube.

1 comment:

  1. pupuk organik : Ironis , pakai racun u/ tingkatkan produksi padahal dari sisi hasil skr sdh turun krn tanah sdh tidak subur lg akibat racun yg ditinggalkan pupuk kimia.

    ReplyDelete