Sunday, November 18, 2007

Cara Cepat Membuka FTP

Ada situs FTP yang sering Anda buka? Tidak perlu repot lagi mengetik alamat FTP yang panjang tersebut karena ada jalan pintas (shortcut) untuk membuka FTP dan dapat dibuat hanya dengan program Windows Explorer yang ada di semua Windows.

Shortcut ini jika telah dibuat, akan terletak pada "My Network Places" untuk Windows XP, sedangkan untuk Windows Vista shortcutnya berada di "Computer". Setiap kali Anda ingin membuka suatu FTP, tinggal melewati jalan pintas yang sangat mudah diakses ini.

FTP Mapping 8

Cara membuat jalan pintas untuk membuka FTP:

1. Bukalah Windows Explorer, lalu pilih "Map Network Drive". Lokasi untuk Vista: pada toolbar di atas. Lokasi untuk XP: pada menu Tools.

FTP Mapping 1

2. Pilihlah kalimat di bawah yang bertulisan: Vista: "Connect to a Web site that you can use to store your documents and pictures". XP: "Sign up for online storage or connect to a network server". Akan muncul window baru, lalu klik "Next" dan tunggulah proses scan sesaat.

FTP Mapping 2

3. Pilihlah: Vista: "Choose a custom network location". XP: "Choose another network location". Klik "Next".

FTP Mapping 3

4. Masukkan alamat FTP yang sering Anda buka tersebut, "Next".

FTP Mapping 4

5. Jika FTP tersebut membutuhkan login, hilangkanlah centangan "Log on anonymously", dan isilah user name. Klik "Next".

FTP Mapping 5

6. Masukkanlah nama (boleh diisi kalimat apapun, isilah nama yang mewakili FTP itu). Klik "Next", lalu "Finish".

FTP Mapping 6

7. Saat FTP akan dibuka, Anda akan diminta mengisi password. Password ini boleh disimpan dengan mencentang "Save password".

FTP Mapping 7

Untuk selanjutnya, Anda tidak perlu mengetik lagi alamat FTP yang kadang sulit dihafal, dan tinggal buka saja FTP dari shortcut yang telah dibuat ini. Mudah bukan!

Sumber: CyberNotes: Map a FTP to a Drive in Windows

Catatan: Petunjuk gambar dibuat dengan Windows XP versi Tiongkok.

No comments:

Post a Comment