Wednesday, September 19, 2007

Tips Sinkronisasi Waktu via Internet

Apakah waktu pada komputer Anda tepat? Sinkronisasi / penyamaan waktu lewat internet akan menjamin bahwa jam yang tertera pada komputer Anda akurat, sesuai dengan waktu dunia.

Berikut ini akan dijelaskan sedikit langkah sederhana yang disertai gambar untuk menyamakan waktu pada komputer:

1. Klik dua kali (double click) pada tampilan waktu pada layar kanan bawah monitor Anda.

Double click pada tampilan waktu

2. Klik tab Time Zone. Lalu untuk WIB, pilih (GMT +07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Untuk WITA, pilih (GMT +08:00), dan untuk WIT, pilih (GMT +09:00). Klik tombol Apply.

Zona waktu

3. Klik tab Internet Time, tulisan time.windows.com umumnya akan terlihat. Tekan tombol Update Now untuk mulai menyamakan waktu dan tunggulah sesaat. Jika proses ini sukses berarti Anda akan sangat beruntung, karena biasanya penyamaan waktu lewat time.windows.com dan time.nist.gov (dua server waktu yang disediakan Windows) sering sekali gagal / error. Jika gagal, tidak perlu kuatir. Ikutilah langkah selanjutnya.

Penyamaan Waktu Internet

4. Isilah Server: dengan id.pool.ntp.org atau asia.pool.ntp.org jika Anda di Indonesia. Yang di Taiwan isilah tw.pool.ntp.org (daftar server waktu yang lengkap di Asia dapat dilihat di http://www.pool.ntp.org/zone/asia). Tekan tombol Update Now dan tunggu sesaat. Kemungkinan besar proses akan berhasil. Setelah selesai, tekan tombol OK.

Penyamaan Waktu Internet

Sekarang waktu komputer Anda telah sama dengan waktu dunia. Bagaimana dengan waktu jam tangan Anda? Mau ikut disamakan?

Catatan: petunjuk gambar dibuat dengan Windows XP versi Tiongkok.

No comments:

Post a Comment