Sunday, September 16, 2007

Solusi untuk CPU Usage Tinggi Akibat Comodo

Comodo Firewall adalah sebuah program firewall papan atas, salah satu yang terbaik yang kualitasnya tidak perlu diragukan, terlebih lagi Comodo ini gratis! Karena itulah Anda mungkin memutuskan untuk menggunakan Comodo melindungi komputer Anda.

Namun sejak mulai menggunakan program ini, komputer Anda mulai menunjukkan gejala berjalan pelan. Komputer sering disibukkan oleh proses Comodo sehingga Anda harus menunggunya tidak sibuk baru melanjutkan pekerjaan Anda pada komputer. Saat melihat pada Task Manager, kelihatan jelas bahwa tingkat CPU Usage Comodo sering menjadi tinggi (high). Anda mengeluh, memang Comodo ini suka sibuk sendiri!

Kalau Anda mengalami hal tersebut, tenang saja! Dengan sebuah solusi sederhana saja, CPU Usage Comodo akan menurun ke tingkat yang wajar. Caranya: buka program Comodo, klik tombol Activity, Logs, klik kanan pada salah satu log, pilih Log Events from..., hilangkan centangan Network Monitor.

Mematikan log Network Monitor Comodo

Sibuknya Comodo sebagian besar memang akibat proses penulisan log file yang selalu bertambah khususnya log Network Monitor. Cukup satu pengaturan sederhana ini, komputer Anda akan terasa lebih cepat lagi. Coba saja!

-----UPDATE-----

Untuk setiap reboot (komputer dinyalakan atau restart), Anda harus melakukan Clear All logs agar pengaturan di atas dapat berjalan (lihat gambar di atas). Hal ini terjadi akibat adanya bug dari Comodo Firewall, memang merepotkan. Karena itu untuk solusi yang lebih akurat, bacalah Solusi Untuk CPU Usage Tinggi Akibat Comodo (2).

----------

No comments:

Post a Comment