Sunday, July 8, 2007

Rekomendasi Pengunjung GOTD

Situs Giveaway of the Day (GOTD) setiap hari memberikan program komersial secara gratis. Nah selain "barang yang mestinya bayar tapi gratis" ini ternyata ada hal lain yang menarik, yaitu komentar pengunjung yang memberikan rekomendasi program gratis/tak berbayar (freeware) alternatif.

Untuk lebih jelas, mari kita lihat contoh. Pada tanggal 30 Juni 2007, GOTD memberikan program SearchMyDiscs, sejenis program katalog CD/DVD. Salah satu pengunjung GOTD lalu memberikan komentar (nomor 14) tentang Cathy ,sebuah program katalog CD/DVD lain yang gratis (bukan nama cewek loh...):

Tanggal 15 Mei 2007, GOTD juga pernah memberikan program katalog lain bernama Advanced File Organizer, dan komentar pengunjung nomor 62 juga menganjurkan program Cathy:

Sedangkan untuk kategori program uninstaller, GOTD memberikan Cleanse Uninstaller pada tanggal 15 Juni 2007. Komentar pengunjung nomor 115 menyarankan alternatif freeware Total Uninstall:

Rekomendasi pengunjung biasanya memberikan program alternatif yang bagus, sampai mereka dengan sukarela mengiklankannya dari mulut ke mulut. Namun kita jangan asal percaya bukan? Buktikanlah sendiri kualitas program rekomendasi orang lain. Selain itu, kita dapat mengetahui dengan mudah sebuah program freeware berkualitas bagus yang namanya belum dikenal. Ngapain repot mencari program yang bagus?

Tips: Find kata "http://" agar langsung mendapatkan link-nya program freeware alternatif.

Kesimpulan: Selain mendapatkan program komersial gratis pada situs GOTD, kita juga dapat mencari program tak berbayar/freeware hasil rekomendasi pengunjungnya.

No comments:

Post a Comment