Tuesday, January 30, 2007

Emoticon YM Tidak Bisa Animasi?

Saya lebih suka memakai YM (Yahoo Messenger) untuk chatting daripada MSN (Windows Live Messenger / MSN Messenger) dan lainnya. Mengapa? Karena menurutku emoticonnya paling imut dan lucu.

Kelucuan emoticon YM didukung oleh emoticonnya yang dapat bergerak atau beranimasi. Namun bagaimana kalau emoticon YM Anda tidak dapat beranimasi? Walaupun masalah ini ditanya pada teman Anda yang ahli komputer, masalah ini belum tentu bisa diatasi! Mengapa?

Kesalahan perilaku suatu aplikasi pada umumnya dapat diatasi dengan mengubah setting pada aplikasi itu. Dengan restart Windows mungkin juga bisa. Cara lain mungkin install ulang aplikasi tersebut. Sayangnya cara-cara ini tidak dapat membuat emoticon YM Anda yang diam menjadi bergerak.

Lalu, bagaimana cara membetulkannya? Perubahan setting justru bukan dilakukan pada YM! Begini langkah-langkahnya:
  1. Bukalah IE (Internet Explorer) Anda.
  2. Klik menu Tools - Internet Options...
  3. Klik tab Advanced, lalu cari bagian Multimedia.
  4. Centanglah Play animations in webpages, agar emoticon YM Anda dapat beranimasi. Kalau tidak maka emoticon-nya tidak bergerak.



Pembetulan selesai, masalah emoticon YM beres. Pertanyaan selanjutnya, mengapa setting justru dilakukan pada IE? Sebenarnya, YM menggunakan setting dari IE untuk terhubung pada internet. Bagi yang merasa sangat ahli komputer, sebelumnya telah tahu hal ini tidak?

1 comment: