Tuesday, January 16, 2007

DetikINET Memuat Berita Salah!

Saya merasa begitu terheran-heran ketika membaca salah satu berita DetikINET berjudul "Berbahaya! Virus Organis Serang Windows Vista". Inti dari berita itu adalah bahwa ada sebuah virus organik pertama di dunia yang dapat menyerang komputer yang memakai sistem operasi Windows Vista. Virus organik??? sungguhan atau lelucon ini?

Virus organik adalah virus di dalam istilah biologi, misalnya adalah virus influenza. Virus ini benar-benar hidup. Sedangkan virus di dalam istilah komputer sama sekali berbeda dengan virus organik. Virus komputer adalah suatu program yang merusak, dan sudah jelas tidak ada unsur kehidupan di dalam suatu program. Seharusnya berita tentang virus organik pertama di dunia yang menyerang komputer akan langsung menyebar begitu cepat di internet. Tapi ternyata tidak!

Saya memeriksa sumber referensi yang disebutkan di artikel detikINET tersebut, yaitu Avant News, pada bagian About Avant, dan saya menemukan kalimat ini:

Disclaimer

All material published on Avant News, with the possible exception of information provided by external sites, is fictitious, satirical, and intended for entertainment purposes only.

Bukti di atas sebenarnya telah lebih dari cukup. Bagi yang masih belum yakin, saya berikan lagi bukti-bukti tambahan lainnya. Pencarian pada Google Blog Search dengan kata kunci: vista organic virus mengeluarkan hasil pertama yaitu dari humorfeed News. Sedangkan pencarian pada Google Search, hasil pertamanya adalah forum thehotfix.net yang telah membahas tentang ketidakbenaran berita ini. Pada forum Chip, pembahasan juga berakhir dengan kesimpulan bahwa berita itu tidak benar. Hasil pencarian Google dengan urutan kedua, ketiga dan seterusnya pun tidak ada yang mengatakan bahwa berita ini benar.

Mengetahui bahwa DetikINET telah memuat berita salah, saya mencoba mengirim e-mail kepada redaksi DetikINET (redaksi@detikinet.com) kemarin. Kelihatannya redaksi hanya menganggap e-mail saya angin lalu belaka, hingga saat ini, berita salah tersebut masih dapat diakses oleh umum.

Di blog ini saya menyampaikan kritikan terbuka terhadap DetikINET agar lain kali lebih berhati-hati dalam mengambil referensi berita. Jika kesalahan seperti ini dibiarkan begitu saja, di masa yang akan datang, akan semakin banyak orang yang meragukan keakuratan berita DetikINET.

Selain itu, kritikan saya berikutnya adalah agar DetikINET lebih memperhatikan pelanggannya yang telah dengan setia mengikuti beritanya. E-mail pembaca yang berisi kritik dan saran itu sangat berarti.

Akhir kata, pada artikel ini, saya sebagai pembaca setia DetikINET tidak bermaksud untuk menyudutkan DetikINET. Saya hanya berharap agar kualitas DetikINET akan menjadi lebih baik!

No comments:

Post a Comment