Saturday, July 8, 2006

Hokkian Medan

Apa itu?

Tahu bahasa Hokkian? Bahasa Hokkian adl salah satu bahasa daerah dari Tiongkok. Analoginya, bahasa Jawa, Sunda adl bahasa daerah dari Indonesia. Nah, bahasa Hokkian ini merupakan bahasa yg digunakan sehari-hari (selain bahasa Indonesia) oleh org2 keturunan Tionghua di Medan (kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya), provinsi Sumatra Utara.

Hokkian di Sekolah Medan

Sejak kecil, anak2 keturunan Tionghua di Medan bergaul dengan sesamanya menggunakan bahasa Hokkian. Bergaul dengan anak2 yg bukan keturunan Tionghua tentu saja tetap menggunakan bahasa persatuan kita dong. Kemudian dalam proses mengajar, bahasa Indonesia tetap digunakan, walaupun guru yg mengajar adl org keturunan Tionghua juga. Sewaktu jam pengajaran berlangsung, murid yg bertanya ke guru juga menggunakan bahasa Indonesia. Menggunakan Hokkian untuk bertanya di dalam kelas bahkan merupakan hal yg aneh, kecuali jika pertanyaan dilakukan di luar kelas. Karena itu, bagi para pembaca yg akan menyekolahkan anak2nya yg tidak bisa Hokkian di Medan, tidak perlu takut. Ingat kita masih punya bahasa Indonesia :).

Di Medan, hampir semua org keturunan Tionghua bisa berbahasa Hokkian. Jadi jangan heran kalo para pembaca yg keturunan Tionghua pergi jalan2 di Medan nanti bisa diajak ngomong Hokkian :P. Bagi yg tidak bisa Hokkian, balas saja pakai bahasa Indonesia oke juga koq.

Hubungan Hokkian Medan dan Indonesia

Pernah dengar orang ngomong Hokkian? Perhatikan nggak kalo ada kata2 dari bahasa Indonesia? Hokkian yg digunakan di Medan ini, beberapa kata2nya diserap dari bahasa Indonesia. Hanya karena kata2 dari Indonesia itu diucapkan dengan nada Hokkian, lebih sulit untuk mendeteksi munculnya kata2 Indo ini. Hokkian yg dipakai di Medan ini mudahnya kusebut saja dengan Hokkian Medan. Contoh kata2 Hokkian Medan yg diambil dari bahasa Indonesia yaitu tapi, suka, mana, baru. Sebaliknya, kata2 Indonesia juga menyerap bahasa Hokkian. Contoh yg paling populer adl gue (dari aslinya "wa"), lu (dari aslinya "lu"). Kata2 yg sangat gaul bagi anak muda Jakarta ini ternyata asalnya dari bahasa Hokkian :).

Digunakan di Mana Selain Medan

Hokkian selain Medan yg juga menyerap bahasa lokal adalah Hokkian Penang di kota Penang, Malaysia. Hokkian Penang mengandung unsur2 bahasa Melayu dan bahasa Inggris (karena bahasa Melayu sendiri banyak menyerap kata2 dari bahasa Inggris). Hokkian Medan dengan Hokkian di Penang ini hampir sama, hanya ada sedikit perbedaan yg masih bisa ditebak2 artinya. Karena itu, Hokkian Medan juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan org2 keturunan Tionghua di Penang.

No comments:

Post a Comment