Monday, July 3, 2006

Gunakan RSS!

Di artikel sebelumnya, sudah kutekankan betapa bermanfaatnya berbaliknya arah informasi, dari kita mencari info menjadi info mencari kita. Salah satu caranya adl menggunakan RSS.

Apa itu RSS? RSS itu adl perwakilan dari isi suatu artikel situs. Perwakilan isi artikel ini bisa sebagian isi ataupun seluruh isi artikel, tergantung penyedia RSS'nya. Sederhananya, kalau kita langganan majalah maka yg dikirim ke rumah pasti majalahnya secara utuh. Nah kalau RSS yg mewakili hanya sebagian isi, ibaratnya yg dikirim ke rumah itu ringkasan majalah yg isi artikelnya cuma sebagian, kalau tertarik baca seluruh isinya ya beli majalahnya (gak terpikirkan analogi yg lebih tepat lagi :P).

Nah, bagaimana caranya agar majalah itu diantar ke rumah kita? Bagaimana caranya agar RSS dari suatu situs mendatangi kita?

  1. Pakai RSS Reader. Program inilah yg bertugas mengumpulkan RSS dari bermacam2 situs. Sesuai analogi majalah tadi, program ini adl alamat rumah kita di mana majalah dikirimkan. Penjelasan detail lihat di bawah krn bakal panjang oke.
  2. Cari link RSS dari situs yg diinginkan. Misalnya situs blogku http://adisutanto.blogspot.com/ ini ibaratnya kantor majalahnya. Berhubung kantornya ada banyak bagian misal percetakan, pengeditan, dll, maka pembaca jangan nyasar ya, cari di bagian marketing langganan. Bagian inilah yg disebut link RSS. Di blogku adl http://adisutanto.blogspot.com/atom.xml, link ini berguna supaya bisa berlangganan blogku. Penjelasan detail cara mencari link RSS ini bakal panjang, liat bawah juga ya.
  3. Minta RSS Reader untuk mengambil RSS dari link RSS tadi. Beda dgn cara langganan majalah di hidup sehari2, di sini RSS Reader yg bertugas mengambil RSS secara otomatis. Caranya, di RSS Reader, tinggal cari saja kata2 "Add" atau "Subscribe" trus paste link RSS'nya ke sana dan OK. Nah setelah langkah ini, isi RSS bakal mengalir ke RSS Reader otomatis, pembaca tinggal ongkang2 kaki saja sambil menikmati isi dari beragam situs!

Pakai RSS Reader

RSS Reader ini ada 2 jenis, offline atau online. Yg offline adl yg biasa, download program terus install di komputer sendiri, salah satunya adalah SharpReader. Yg online itu, pembaca buka dulu situs yg sediakan fasilitas RSS Reader, yg paling terkenal adl Bloglines, trus daftar aja di sana, gratis koq.

Yg online keuntungannya adl tidak perlu install program, trus bisa dibuka di komputer manapun (situs Reader Online itu kan ada di internet, bukan di komputer sendiri). Misalnya waktu lagi liburan di hotel gak bawa laptop, trus ada komputer yg boleh online gratis, boleh tuh buka2 RSS Reader Online, atau waktu ke warnet di luar kota, dll.

RSS Reader Offline, walaupun ada kata offline'nya (krn diinstall di komputer sendiri), komputernya juga perlu terhubung ke internet untuk mengambil RSS dari macam2 situs. Setelah semua RSS terambil, isi RSS bisa dibaca secara offline (tidak terhubung ke internet), inilah keuntungannya.

Cari link RSS

Link RSS biasanya terletak di kiri atau kanan halaman situs dan ada ciri2 khususnya yg menandakan bahwa dia adl link RSS. Salah satunya adl tulisan "Syndicate", "XML", "RSS" atau icon RSS kecil kayak gini . Contohnya, di blog friendster ada tulisan "Syndicate this site (XML)". Nah link2 RSS ini tinggal di'klik kanan lalu copy shortcut, siap di'paste di RSS Reader.

Sayangnya Link RSS masih harus dicari, kadang susah juga carinya abis tulisannya banyak. Menggunakan browser yg punya kemampuan auto notify RSS (situs yg ada RSS'nya langsung diberitahu link RSS'nya) sangat membantu, salah satunya adl browser Maxthon, menyediakan fasilitas itu secara default. Untuk browser Internet Explorer dan Firefox mungkin harus dicari plugin'nya.

Keuntungan RSS

Dengan RSS, kita tidak perlu membuka lagi berbagai macam situs sendiri. Hal ini semakin menguntungkan bila kita semakin banyak berlangganan RSS dari macam2 situs. Aku sudah berlangganan RSS dari 70'an situs dan semuanya cukup dibuka di satu tempat.

Keuntungan lainnya, kalau suatu situs jarang diupdate, misal blog teman2 yg jarang online, maka kita tidak perlu membrowsing situs itu dan tidak mendapatkan apa2. Begitu situs itu diupdate, dalam bbrp saat RSS'nya sudah bisa otomatis dikirim ke RSS Reader kita. Begitu ada RSS yg datang, maka kita tahu bahwa situs itu telah diupdate tanpa browsing sekalipun!

Keuntungan tambahan, pakai RSS setidaknya terasa menguntungkan bagi para pemakai internet dengan download terbatas. Contohnya pemakai internet Starone (apalagi yang ngomel2 waktu Starone akhirnya gak unlimited :P) yg cuma bisa transfer data berapa ratus MB per bulan, kalau lebih ya kena denda. Rahasianya adl tidak didownloadnya struktur halaman. Kalau pembaca browsing ke suatu situs, tampilannya biasanya rapi kan, itu karena struktur halaman yg memperhias tampilan juga didownload. Dengan hanya download RSS, data2 yg mempercantik tampilan hanya sedikit sekali, lumayan juga buat menghemat transfer data :).

Salah satu keuntungan yg kudapatkan adl bisa berlangganan puluhan blog milik teman2, dengan begitu aku tetap bisa mengikuti blog mereka. Nah, ternyata ada begitu banyak keuntungan yg didapat dari RSS. Ayo mari kita manfaatkan RSS!

Postingku tentang RSS sebelumnya:

No comments:

Post a Comment