Saturday, June 3, 2006

Ikuti Berita dari Google Alert

Para pembaca lebih suka yg mana, setiap hari ke kios deket rumah untuk beli koran, atau biarkan pengedar koran melemparkan koran ke rumahmu setiap pagi? Pasti hampir semua jawab, korannya diantar ke rumah tiap pagi lebih enak. Informasilah yg mendatangi kita jauh lebih memudahkan daripada kita bersusah payah mencari informasi. Dalam dunia internet, hal ini juga bisa terjadi. Ada beberapa cara agar informasi mendatangi kita, yaitu:
  • Langganan newsletter atau newsgroup

  • Langganan RSS Feed

  • Langganan Podcast

  • Pakai Google Alert
Artikel2 tentang tiga poin pertama di atas bisa dicari di blog Gaya Hidup Digital milik salah satu dosen STTS. Di sini, aku akan membahas Google Alert.

Apa itu Google Alert?

Biasa menggunakan search engine kan? Misalnya kita ingin mencari berita tentang sesuatu, kita masukkan keywordnya, kemudian cari. Hasilnya yg biasanya ada banyak itu ditampilkan di browser kita, kemudian kita browsing dari hasil pencarian dengan membuka situs2nya dari search engine. Google Alert ini juga menyediakan kotak yg bisa diisi untuk mencari informasi, tetapi hasilnya bukan ditampilkan di browser melainkan di e-mail kita. Bukan hanya ini, Google Alert juga bisa diatur untuk mengirimkan info'nya sehari sekali atau seminggu sekali, atau bahkan begitu ditemukan info baru. Dengan fasilitas penerimaan berita berkala otomatis ini, para pemakai Google Alert tidak perlu lagi selalu mencari, cukup membuka e-mail saja semua perkembangan berita yg diinginkan sudah bisa diikuti. Kemudian, bedanya dengan cara berlangganan informasi lainnya adalah, topiknya terpusat sesuai dengan keyword yg dimasukkan.

Contoh Pemakaian

Begitu banyak topik2 yg bisa diikuti melalui Google Alert, contohnya:
  • Buat para penggemar salah satu selebritis, misalnya nih, masukkan aja keyword: Agnes Monica. Google Alert ini bisa menggantikan peran detektif yg selalu menguntit di belakang si Agnes ke mana pun dia pergi.

  • Buat para gamer RPG, boleh ikuti perkembangan RPG terlaris di dunia, masukkan keyword: Final Fantasy.

  • Buat para "teroris" (bercanda) yg mau menguntit presiden Indonesia kita saat ini, bisa memasukkan keyword: Susilo Bambang Yudhoyono. Semua berita politik terkait presiden kita bisa didapat deh.

  • Kangen dengan negara tercinta kita? Masukkan saja keyword: Indonesia.

  • Buat penggemar film "24" yg sangat laris ini, agak repot juga. Kalau masukkan keyword: 24, nti keluarnya banyak skor2 pertandingan, misal skor 24-xx. Jadi bisa ditambah ama nama pemeran utamanya, misal keyword: 24 bauer.

Masih buuuuuanyak lagi topik2 yg bisa diikuti melalui Google Alert, asal tepat2 aja dalam memilih keyword. Tips, coba dulu keywordnya di Google Search biasa, apakah sebagian besar hasilnya sesuai yg diinginkan tidak, karena keyword yg dimasukkan di Google Alert tidak bisa langsung dilihat hasilnya, harus menunggu sampai beritanya ada. Pengalamanku menggunakan Google Alert ini cukup menghemat waktu browsing!

No comments:

Post a Comment