Saturday, May 6, 2006

Langganan Blog di E-Mail

Pernah terpikirkan cara untuk melihat blog2 teman2, bukan dengan membuka situs blog teman kita, melainkan isi blog itu otomatis datang ke e-mail kita? Ini bisa dilakukan!

Sebelumnya, teknologi RSS telah sangat memudahkan pembaca dengan membalikkan arah informasi. Kalau sebelum RSS, kita yg mendatangi informasi (dengan browsing ke suatu situs), setelah ada RSS, informasilah yg mendatangi kita (isi dari suatu situs menuju RSS Reader kita). Begitu banyak isi dari begitu banyak situs dapat langsung dilihat di satu tempat yaitu RSS Reader. RSS Reader ini bisa dalam bentuk offline (software yg di'install di komputer kita misalnya SharpReader) maupun online (situs yg menyediakan fasilitas RSS Reader misalnya Google Reader). Ini berarti kita perlu mencari RSS Reader baik dlm bentuk offline maupun online.

Perkembangan RSS selanjutnya, selain mengirimkan RSS ke suatu RSS Reader, RSS juga bisa dikirimkan ke e-mail. Situs yg menyediakan fasilitas mengirimkan RSS ke e-mail adl FeedBlitz. Untuk org awam, cara ini dianggap lebih mudah karena mereka lebih akrab dengan e-mail daripada RSS Reader.

Blog'ku barusan sudah dilengkapi fasilitas ini. Karena blog'ku tersedia dua RSS dari Blogger dan Feedburner, maka kusediakan dua tempat di sebelah kanan halaman blog'ku untuk subscribe isi dari kedua RSS tersebut. Para pembaca tidak usah bingung, kedua RSS itu isinya sama persis, subscribe e-mailmu ke salah satu saja sudah cukup. Yg mau iseng subscribe dua2nya ya silakan :P.

No comments:

Post a Comment